Bunga pada umumnya memiliki makna kasih dan sayang. Selain itu, bunga juga memiliki bentuk yang indah nan cantik membuat orang-orang di berbagai umur, dan terutama untuk kaum perempuan yang tentu sangat menyukai kan keindahan yang dimiliki oleh setiap bunga.

Namun, bagaimana jika bunga yang cantik itu memiliki racun? Tentunya akan sangat membahayakan bagi orang-orang yang tidak mengetahui bahwa dalam beragam jenis bunga terdapat sebagian bunga yang memiliki racun dan bahkan mematikan di Indonesia ini.

Mungkin untuk sebagian orang hanya mengetahui bahwa setiap jenis bunga yang cantik itu tidak ada kandungan membahayakan yang dimiliki setiap bunga. Namun nyatanya di Indonesia ini juga ditumbuhi oleh bunga beracun yang mematikan.

Jadi, untuk Anda sekalian yang memang menyukai bunga, Anda juga harus lebih berhati-hati akan kemungkinan jika bertemu dengan bunga beracun. Apalagi bunga beracun tersebut juga memiliki kelopak dan bentuk yang cantik. Jadi, Anda tak boleh terkecoh dengan cantiknya setiap bunga.

Mari baca dengan saksama untuk mengetahui bunga cantik beracun yang ada di Indonesia.

7 Bunga Cantik Paling Beracun dan Mematikan di Indonesia antara lain:

Bunga Terompet

Bunga terompet ini sebenarnya berasal dari Amerika Selatan, namun bunga ini bisa ditemukan di semua dunia termasuk Indonesia. Karena bunga ini tumbuh di daerah tropis dan Indonesia juga merupakan negara tropis.

Tanaman hias yang satu ini memang cantik namun bunga terompet merupakan tanaman yang mengandung racun. Anda perlu mengetahui bahwa tanaman beracun ini mengandung zat yang disebut hallucinogen, yaitu yang yang dapat membuat seseorang mengalami halusinasi.

Kandungan yang dimiliki bunga terompet adalah atropine, hyoscyamine dan scopolamine yang dijelaskan bahwa kandungan tersebut adalah zat penghilang kesadaran atau anticholinergics.

Efek lebih lanjut yang ditimbulkan dapat merusak syaraf otak, yang mengakibatkan bisa membuat orang seperti linglung bahkan berujung kepada kematian.

Nerium Oleander

Bunga Nerium Oleander merupakan bunga yang dikenal sangat cantik dan sering berbunga bahkan tanaman ini sering kali dijadikan sebagai hiasan.

Bunga cantik ini sebenarnya tergolong dalam tanaman beracun karena bunga ini mengandung racun yang berbahaya seperti Oleandrin dan Neriine yang dapat menyebabkan gangguan sistem saraf dan pencernaan, bahkan bisa saja mengganggu kerja sistem peredaran darah.

Apabila sudah pada tahap kondisi yang parah, gejala yang ditimbulkan dapat terjadi secara bersamaan. Jika terkena racun dari tanaman ini manusia dapat mengalami gejala seperti mual, muntah, tubuh bergetar, denyut jantung tidak teratur, rasa sakit yang amat sangat pada kepala, koma, bahkan hingga berujung kematian.

Getah dari tanaman ini juga dapat menyebabkan iritasi kulit dan kebutaan pada mata jika terpapar. Maka dari itu, Anda harus lebih berhati hati terutama dengan getahnya.

Bunga Kecubung (Datura Metel)

Bunga Kecubung yang berada di Indonesia adalah jenis Datura Metel, masih satu keluarga dengan Bunga Lonceng. Banyak orang yang mengatakan bahwa bunga kecubung itu adalah bunga terompet, namun kenyataannya tidak karena bunga kecubung dan bunga terompet merupakan jenis bunga yang berbeda hanya keduanya mirip bentuk satu sama lainnya.

Bunga Kecubung ini sebenarnya mengandung beberapa kandungan yang bermanfaat dalam menyembuhkan beragam penyakit yang berupa senyawa kimia. Namun, bunga kecubung juga mengandung racun berupa zat alkaloid yang mempunyai efek halusinogen terutama pada bagian bijinya.

Apabila bunga kecubung ini dikonsumsi secara berlebihan dan melebihi takaran yang diperbolehkan, maka efek yang ditimbulkan antara lain mual, muntah, sesak nafas, rasa gelisah, nadi berdenyut cepat, kulit wajah dan tubuh berubah menjadi merah, pusing, mulut terasa kaku, halusinasi bahkan bisa saja berujung pada kematian.

Bunga Hydrangea

Daun dari bunga cantik yang populer ini ternyata sebenarnya mengandung senyawa glikosida sianogen dan akan melepaskan senyawa hidrogen sianida saat tertelan. Meskipun memiliki kandungan berbahaya, akarnya dapat digunakan sebagai anti-oksidan dan mengobati penyakit yang berhubungan dengan ginjal.

Hemlock (Conium maculatum).

Bunga-bunga putih kecil ini mungkin muncul di kebunmu seperti rumput liar. Namun Anda juga wajib waspada sebab bunga hemlock ini mengandung alkaloid coniine yang memiliki struktur kimia dan sifat farmakologi mirip dengan nikotin. Coniine dapat mengganggu kerja sistem saraf pusat. Konsentratnya yang tinggi dapat dengan mudah merusak sistem pernapasan dan menyebabkan kematian.

Rhododendron sp. / Azalea

Rhododendron sp. / Azalea atau disebut juga Saliyah atau orang Indonesia lebih mengenalnya dengan nama bunga Kudadampit. Sebagian lagi menyebutnya Turuwara.

Ini adalah jenis tanaman berbunga dari keluarga Ericaceae dan genus Rhododendron, untuk penampilannya cukup cantik, apalagi tumbuhan ini menjadi salah satu penghias taman dengan bunganya yang memiliki berbagai macam warna.

Bunga Rhododendron sp. / Azalea ini sebenarnya memiliki kandungan racun andromedotoksin yang dapat menyebabkan keluarnya air liur secara berlebihan, mata berair, hidung terasa berlendir, tubuh terasa lemas, mual, muntah, dan bahkan sesak nafas.

Narcissus

Narcissus yang juga disebut daffodil atau di Indonesia lebih dikenal dengan bunga bakung sebenarnya adalah bunga beracun yang berbahaya. Bunga ini akan banyak ditemukan di daerah Mediterania seperti Cina dan Asia. Di Cina bunga ini dipakai sebagai perayaan tahun baru dan akan sangat mematikan bila dimakan. Daffodil merupakan bunga di bulan Maret.

Selain itu, yang menyebabkannya adalah bukan bunga atau batangnya melainkan akar simpannya (bulbs). Salah satu kasus fatal yang terkenal di Toulouse pada awal tahun 1900-an terjadi ketika akar-akar yang disimpan (menggelembung) ini dikira sebagai bawang jadi, orang yang melihatnya mengonsumsi akar beracun tersebut.

Ekstrak yang dibuat dari akar bunga ini apabila dioleskan pada luka yang terbuka akan menyebabkan terhuyung-huyung, bahkan juga menyebabkan mati rasa di seluruh sistem syaraf dan kelumpuhan jantung. Meski begitu bunga bakung ini sebenarnya juga memiliki khasiat karena dipercaya dapat menyembuhkan kebotakan juga digunakan sebagai zat perangsang (aphrodisiac).

Itulah beberapa jenis bunga beracun yang ada di Indonesia. Maka dari itu, Anda harus lebih berhati-hati jika bertemu dengan tanaman beracun seperti di atas. Apalagi kalau kamu menjadikan salah satu bunga di atas sebagai hadiah bunga valentine. Hati-hati ya! Semoga bermanfaat.